Home / Berita Umum / Pupuk Kaltim Akan Kembangkan Teknologi Pertanian Sawit

Pupuk Kaltim Akan Kembangkan Teknologi Pertanian Sawit

Pupuk Kaltim Akan Kembangkan Teknologi Pertanian Sawit – PT Pupuk Indonesia (Persero) lewat anak usahanya PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menumbuhkan inovasi pelaksanaan perladangan ketepatan sebagai strategi antisipasi disrupsi pabrik.

kondisi itu berbentuk pemanfaatan teknologi informasi buat memutuskan saran fertilisasi ketelitian dengan menggunakan teknologi bintang beredar buat mengidentifikasi, menyelidiki, juga menggodok informasi keragaman spasial dan juga temporal pada lahan ladang kelapa sawit, yang dinamakan PreciPalm (Precision Agriculture platform for Oil Palm).

Direktur andalan Pupuk Indonesia berpunya Pasaman http://199.192.22.126/ menyebutkan, Precipalm dapat menawarkan informasi perihal hal nutrisi komponen besar lahan kelapa sawit secara pesat dan juga presisi di tatanan atlas digital kapling. Kamudian diolah dari gambaran planet dan model matematis.

Informasi karakteristik kapling ini seterusnya digunakan buat jadi dasar di melahirkan anjuran perabukan N (Nitrogen), P (Phosphor), K (potasium) dan juga Mg (Magnesium), juga mampu digunakan buat pemantauan kondisi nutrisi kapling perkebunan paska perabukan secara realtime.

“PreciPalm ialah penyelesaian perhumaan presisi berlandas satelit kesatu di Indonesia buat perkebunan kelapa sawit. PreciPalm mampu memberikan khasiat dalam menyokong efektifitas manajemen preservasi kebun kelapa sawit di Indonesia, jelas bakir terhadap reporter, Selasa (25/8/2020).

menurut berakal, inovasi PreciPalm yang yaitu personel dari alterasi bisnis Pupuk Indonesia Grup ini akan menaikkan kapasitas berebut produk pupuk Perseroan di waktu pabrik 4.. perkebunan ketelitian yaitu ikhtiar berhasil buat mengantongi keunggulan optimal dan juga konstan, dengan tetap melindungi kelestarian linkungan.

“PreciPalm menjadi salah satu rencana penting dalam alterasi bisnis PI Grup, dimana perusahaan dituntut untuk mampu konsentrasi pada customer oriented, ” terang berakal.

PreciPalm mengasih prospek yang amat baik buat mensupport pemasaran pupuk NPK non bantuan. peluang pemanfaatan Precipalm menurut kaya pun sungguh politis, sebab anyar Pupuk Indonesia via Pupuk Kaltim yang mempunyai jalan keluar usul perabukan berlandas planet.

petambak sawit dapat konsentrasi pada peningkatan kesuburan ladang sawit dengan melaksanakan doktrin persawahan presisi menjadi cara menuju perladangan modern, kayak yang dicanangkan oleh departemen agraria.

“PreciPalm dapat menjadi cikal bakal penunjang kemenangan PI Grup pada mengaplikasikan penyelesaian agraria melewati saran fertilisasi presisi, ” ungkapnya.

pelaksana peran Direktur utama Pupuk Kaltim Meizar Effendi menambahkan, pesatnya kemajuan pertanian yang menempuh terdapatnya pembangunan inovasi, jadi dasar terwujudnya PreciPalm Pupuk Kaltim yang berkolaborasi dengan Institut perladangan kolangkaling (IPB).

“PreciPalm buat skema agraria cerdas (smart farming) buat menumbuhkan kenaikan hasil perhumaan secara kualitas dan volume, dengan kesangkilan pemanfaatan sumber energi, ” kata Meizar.

sehabis launching pada Desember 2018, lalu percobaan melawas di ladang sawit PTPN 3, PTPN 5 serta PTPN 7 pada suku tahun pertama 2019, kala ini Pupuk Kaltim telah masuk di tahap komersialisasi PreciPalm buat dipromosikan pada konsumen, positif korporasi ataupun petambak kelapa sawit.

selaku tindaklanjut, pada Senin (24/8) agen bola terpercaya Pupuk Kaltim mengadakan pelatihan penaikan kompetensi SDM Pupuk Kaltim dalam segi pertanian ketepatan dan juga Precipalm. Tujuannya adalah untuk menaikkan kompetensi di aspek perkebunan akurasi, penginderaan jauh (remote sensing) serta Sistem Informasi Geografis yang diinginkan dalam mengoperasionalkan PreciPalm.

“Dengan training ini, kami berharap tenaga kerja Pupuk Kaltim sanggup siap mengasih agro services solution sebagai added value yang diberikan pada pelanggan, ” jelas Meizar.

perluasan PreciPalm pun diapresiasi oleh Rektor IPB Prof. Arif Satria. ia menimbang kalau PreciPalm yakni strategi awal yang baik untuk pembangunan perusahaan 4. di bidang perhumaan. ketika ini, IPB pula lagi melaksanakan uji coba coba dengan robot privat perabukan serta robot spesial panen sawit. robot dicukupi kamera serta pengawasan, yang bakal memahami apakah sawit patut pengetaman maupun tidak. bila disangka belum layak, maka akan dilewatkan.

“Inovasi robotics ini pastinya butuh dikembangkan, karna pengukuran yang dibentuk sudah akurasi lewat instrument, ” jelas Arif Satriya.

About webadmin